Thursday, November 28, 2013

Dapur Minimalis

Desain dan dekorasi dapur yang minimalis banyak diterapkan pada perumahan yang dikembangkan oleh developer modern. Jika dulu setiap dapur pasti dilengkapi dengan tungku perapian yang memakan tempat, berkat teknologi perapian bisa digantikan dengan satu set kompor gas yang lengkap. Konsep minimalis mulai trend di awal tahun 90-an dimana saat itu dimulainya emansipasi wanita di Indonesia, sehingga seorang ibu rumah tangga dituntut oleh urusan dapur sekaligus urusan pekerjaan di kantor. Budaya ini jualah yang akhirnya memaksa para developer untuk giat berkreasi menciptakan desain dapur sekaligus rumah yang minimalis.
desain dekorasi dapur sempit

Pengertian dapur minimalis sama hanya dengan rumah minimalis, dimana dalam dapur tersebut terdapat semua peralatan dasar untuk memasak tidak lebih dan tidak kurang. Jadi syarat utama sebuah dapur minimalis adalah terdapatnya peralatan seperti; satu set perapian (kompor), satu set peralatan makan dan wadah memasak (rak piring/ lemari pecah belah), satu set lemari penyimpanan bahan makanan baik segar (lemari pendingin) maupun bahan pakan kering (lemari beras dan rak bumbu dapur).

Jika semua peralatan tersebut telah cukup di dalam dapur maka sudah dapat dikatakan bahwa dapur tersebut berkonsep minimalis. Sedangkan desain dan dekorasi itu bisa diatur sesuai dengan selera dan kepraktisan. Misalnya meletakkan rak bumbu masakan berdekatan dengan kompor gas dan berseberangan dengan lemari pendingin serta perabot elektronik lainnya (rice cooker, microwave dan lainnya). Tempat sampah diletakkan tepat disamping meja pengolahan bahan pakan, sengan demikian dapur akan terlihat lebih minimalis dan memenuhi konsep praktisitas.

Sebuah dapur minimalis juga sebaiknya dilengkapi dengan wetafel untuk mencuci bahan makanan dan juga peralatan dapur, sedangkan tempat mencuci piring (peralatan makan) dapat dipisahkan ruangannya dengan dapur. Ukuran westafel ini sebaiknya tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Kalau kita persentasikan dalam ukuran maka ukuran pencucian dalam dapur maksimal 10% dari luas ruangan.

Penyesuaian tata letak peralatan dapur sebaiknya disusun berdasarkan sifatnya, seperti peralatan dapur yang membutuhkan listrik (microwave, rice cooker dan lain sebagainya) sebaiknya diletakkna berjauhan dengan perapian (kompor), hal ini demi keamanan. Begitu juga dengan lemari pendingin (kulkas) sebaiknya diletakkan berjauhan dengan perapian. Jadi dalam menyusun dekorasi dapur sebaiknya pahami terlebih dahulu sifat-sifat peralatan yang akan disusun tersebut.

Itulah tips utama dalam mendesain dan men-dekorasi dapur agar tampak minimalis dan praktis. Semoga tulisan sederhana ini memberi manfaat buat anda.

No comments:

Post a Comment