Friday, November 29, 2013

Mendekorasi dapur agar tampak minimalis

Desain dapur minimalis  lebih sulit bila dibandingkan dengan mendekorasi kamar tidur agar tampak minimalis. Hal itu karena peralatan dapur jauh lebih banyak bila dibandingkand engan peralatan atau perlengkapan tidur. Apalagi dapur rumah kita cukup sempit sehingga sulit sekali meletakkan semua peralatan masak-memasak di dapur. Oleh karena itu dalam mendekorasi dapur sempit perlu ditetapkan perioritas, artinya hanya barang-barang yang penting dan sering digunakan untuk keperluan masak saja yang diletakkan di dapur, sedangkan peralatan lainnya diletakan di ruang berbeda seperti di ruang makan.
desain dapur minimalis lemari gantung perapian

Peralatan utama dalam sebuah dapur yakni: perapian, meja (untuk meracik dan mengolah bahan makanan), rak alat masak (panci, wajan, kuali dan periuk), lemari penyimpanan bahan makanan (kulksa dan lemari). Sedangkan peralatan lainnya seperti rak piring, meja saji  dan juga dispenser sebaiknya diletakkan di ruang makan saja.

Untuk kepraktisan kerja sebaiknya dapur juga dilengkapi dengan wetafel kecil tempat membasuh peralatan masak dan juga mencuci bahan makanan (sayuran dan lauk pauk), selain itu juga berfungsi untuk suplai air untuk memasak.

Agar dapur sempit tersebut terlihat lapang dan minimalism aka sebnaiknya meja racik dibangungun berdampingan dengan perapian (kompor gas) dan merapat ke salah satu sisi tembok dapur. Meja tersebut bisa dibangun permanene dengan semen cor atau bisa juga meja bongkar pasang yang terbuat dari kayu, saran saya lebih baik dibangun permanen saja. Letak lemari pendingin (kulkas) sebaiknya jangan berdekatan dengan perapian begitu juga dengan cok (colokan listrik) hal ini untuk keamanan dan kenyamanan. 

Lemari penyimpanan bahan makanan yang cocok untuk dapur  sempit adalah lemari gantung atau bisa juga dipakai lemari sudut. Jika lemari gantung terbuat dari kayu jangan dipasang (diletakkan diatas perapian). 


Dalam mendekorasi ruangan dapur minimalis juga perlu diperhatikan letak ventilasi ruanga, setiap dapur haru memiliki cukup ventilasi baik berupa cerobong asap ataupun jendela. Jika ventilasi di ruangan dapur anda kurang maka bis ajuga dipasang kipas angin atau (ventilator). Suasana dapur yang fresh akan meningkatkan kemampuan kita dalam memasak.  Semoga tulisan singkat ini membantu anda dalam mendekorasi dapur di rumah anda. 

No comments:

Post a Comment